SMK TEKNOLOGI DAN REKAYASA

SMK TEKNOLOGI DAN REKAYASA

SMK TEKNOLOGI DAN REKAYASA

SMK TEKNOLOGI DAN REKAYASA

Minggu, 21 Agustus 2011

Program Induksi Bagi Guru Pemula

Minggu, 21 Agustus 2011 |
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL TENTANG PROGRAM INDUKSI BAGI GURU PEMULA.
Pasal 1
1. Program induksi bagi guru pemula yang selanjutnya disebut program induksi adalah kegiatan orientasi, pelatihan di tempat kerja, pengembangan, dan praktik pemecahan berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran/bimbingan dan konseling bagi guru pemula pada sekolah/madrasah di tempat tugasnya.
2. Guru pemula adalah guru yang baru pertama kali ditugaskan melaksanakan proses pembelajaran/bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pemerintah daerah, atau masyarakat.
3. Guru tetap adalah guru yang diangkat oleh Pemerintah, pemerintah daerah, penyelenggara pendidikan, atau satuan pendidikan untuk jangka waktu paling singkat 2 (dua) tahun secara terus menerus, dan tercatat pada satuan administrasi pangkal di satuan pendidikan yang memiliki izin pendirian dari Pemerintah atau pemerintah daerah serta melaksanakan tugas pokok sebagai guru.
4. Pembimbing adalah guru profesional berpengalaman yang diberi tugas untuk membimbing guru pemula dalam melaksanakan program induksi.
5. Kepala sekolah/madrasah adalah kepala Taman Kanak-Kanak/Raudhatul Athfal/ Taman Kanak-Kanak Luar Biasa (TK/RA/TKLB), Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar Luar Biasa (SD/MI/SDLB), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah/Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMP/MTs/SMPLB), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMA/MA/SMALB), dan Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) tempat guru pemula bertugas.
6. Pengawas adalah pengawas TK/RA/TKLB, SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB, SMK/MAK yang menyelenggarakan program induksi.
7. Penilaian kinerja adalah penilaian terhadap proses dan hasil kerja yang dilakukan oleh guru pemula.
8. Sertifikat program induksi yang selanjutnya disebut sertifikat adalah surat yang dikeluarkan oleh dinas pendidikan/kantor kementerian agama setempat yang menyatakan bahwa peserta program induksi telah menyelesaikan program induksi dengan nilai kinerja paling kurang kategori baik.
9. Direktorat jenderal adalah direktorat jenderal yang bertanggung jawab dalam pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan pada Kementerian Pendidikan Nasional atau Kementerian Agama.
10. Penyelenggara pendidikan adalah lembaga yang secara hukum merupakan pemilik sah dari sekolah/madrasah yang diselenggarakan oleh masyarakat.

Unduh untuk selengkapnya : http://www.ziddu.com/download/16134755/InduksiGuruPemula.rar.html


Related Posts



0 komentar:

Poskan Komentar

Waktu Pendidik >>

saya seorang pendidik >>

Foto Saya
ndihertanto blog
GURU KKPI2003 Sekolah Menengah kejuruan Teknologi SMK Negeri 2 PBun Program Kompetensi Keahlian : 1. Teknik Gambar Bangunan 2. Teknik Konstruksi Batu dan Beton 3. Teknik Distribusi Tenaga Listrik 4. Agribisnis Tanaman Pangan dan Horti 5. Agribisnis Pembibitan dan Kultur Jaringan Tanaman
Lihat profil lengkapku

Kabinet Dapodik

NISN KOBAR

Buku Tamu


ShoutMix chat widget
 

smk2pbun@yahoo.com

Photobucket

Follow by Email

Copyright2011© Kaca Mata Pendidik | Powered by blogger | created byandihertanto